Tugas kedua SDA (Flowchart)


Kasus Studi A :
Perusahaan perangkat lunak HSS menggunakan Sistem Pengolahan Pesanan Penjualan secara manual. Form Perintah Penjualan (terdiri dari 3 rangkap disiapkan oleh Departemen Penjualan dan diteruskan ke Departemen Akuntansi. Pada Departemen Akuntansi, sebuah tagihan (invoice) terdiri dari 2 rangkap, dan form Perintah Pengiriman (terdiri dari 4 rangkap) disiapkan secara manual dengan dasar dari Pesanan Penjualan. Rangkap pertama setiap Perintah Penjualan, Tagihan, dan Perintah Pengiriman diteruskan ke  Departemen Penjualan. Sebuah rangkap dari Perintah Penjualan dilampirkan ke rangkap kedua dari Perintah Pengiriman dan diteruskan ke Departemen Pengiriman. Rangkap pertama dari Tagihan diteruskan ke konsumen. Dokumen sisa dilampirkan ke masing-masing yang lain dan disimpan di Departemen Akuntansi dengan nomor Perintah Penjualan.

Buatlah Sistem Flowchart untuk Sistem Pengolahan Pesanan Penjualan PT. HSS tersebut diatas !


Kasus Studi B :

PT. HRZ memelihara system pergudangan (inventory). Staf pada Departemen Akuntansi menempatkan (posting) data secara manual dari laporan-laporan yang diterima, form-form permintaan material, salinan dari form Perintah Pembelian, dan transaksi-transaksi lainnya seperti pengembalian dan penyesuaian ke catatan pergudangan (inventory). Dokumen-dokumen sumber disimpan sesuai dengan tanggal yang berjalan. Catatan-catatan pergudangan (inventory) dianalisa setiap ada penempatan (posting) untuk menentukan apakah ada item yang seharusnya dipesan kembali. Jika ada item yang harus dipesan kembali, permintaan pembelian (1 rangkap) disiapkan dan dikirimkan ke Departemen Pembelian. Di Departemen Pembelian, seorang staf memilih penjual (vendor) dari sebuah file Induk Penjual(vendor), kemudian staf itu menyiapkan form Perintah Pembelian (terdiri dari 4 rangkap), dan menentukan penjual (vendor) untuk dihubungi. Form Perintah Pembelian disetujui dan didistribusikan sebagai berikut:

  1. Rangkap pertama diberikan kepada penjual (vendor)
  2. Rangkap kedua didokumentasikan secara nomor dengan lampiran Permintaan Pembelian
  3. Rangkap ketiga diteruskan ke departemen yang menerima
  4. Rangkap keempat dikirimkan ke Departemen Akuntansi

Buatlah Sistem Flowchart (Proses Bisnis) untuk sistem manual PT.HRZ tersebut diatas !

Tugas ini dikumpulkan pada pertemuan berikutnya (minggu depan).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: