Evaluasi Peningkatan Mutu Pengajaran


Perlu adanya objektif proses evaluasi pengajaran sebagai salah satu aktifitas peningkatan kemampuan staf pengajar dalam upaya peningkatan mutu pengajaran.

Prinsip-prinsip peningkatan mutu yang berkelanjutan dalam proses pendidikan dan pengajaran adalah sbb:

PLAN : mempersiapkan bahan pengajaran.
DO : melaksanakan aktifitas mengajar/memandu diskusi dalam kelas.
CHECK : melaksanakan evaluasi atas pengajaran yang sedang berlangsung atau di akhir semester.
ACT : memanfaatkan masukan/umpan balik dari proses evaluasi  mengambil langkah-langkah yang perlu untuk peningkatan mutu pengajaran guna mencapai peningkatan mutu proses pembelajaran.

evaluation

Fast Feedback : evaluasi mahasiswa secara lisan atau melalui questionnaire

Mid-semester Feedback : Untuk melakukan koreksi/perbaikan pengajaran pada semester berjalan

  • Feedback melalui questionnaire, meliputi bahan pengajaran dan cara penyampaian pengajaran
  • Dilakukan baik untuk matakuliah teori maupun praktikum

   End-of-semester Feedback :

  • Untuk memperoleh masukan tentang strength dan weakness, baik yang berkenaan dengan materi pengajaran  maupun cara pengajaran
  • Cara assessment dari institusi untuk peningkatan mutu pengajaran secara menyeluruh

 Contoh Teaching Evaluation Feedback :

  • Apakah silabus kuliah dan tugas-tugas yang diberikan cukup jelas ?
  • Apakah anda dapat memahami instruksi dan tatacara perkuliahan yang diberikan dosen ?
  • Apakah dosen selalu dapat menjawab pertanyaan dengan tepat dan efektif?

Demikian sekilas mengenai Teaching Evaluation Feedback.. Semoga bermanfaat buat rekan-rekan.🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: