Berbagai Layanan Google


google logoGoogle memang luar biasa. Selain memiliki search engine terpopuler di seluruh dunia, Google juga memiliki banyak aplikasi, baik online maupun desktop. Hanya dengan memiliki satu account Google, anda dapat login ke berbagai layanan webnya. Apakah anda sudah memanfaatkan layanan-layanan Google ini?

Apa saja layanan Google online? Rasanya hampir semua ada. Mulai dari email, Google docs (word processor, spreadsheet, calendar), IM (chat), blog, video, photo hosting, dan Google bahkan sedang mengembangkan sistem operasi untuk menyaingi Windows di kelas Netbook!

Coba kita telusuri apa saja layanan Google ini. Tidak semua saya bahas, hanya yang sering saya gunakan saja. Silahkan anda tambahkan di komentar jika saya luput, dan menurut anda aplikasi Google tersebut penting.

Email

gmail

Saya penggemar berat email google, yang lebih dikenal dengan nama Gmail ini. Email Google memiliki kapasitas yang sangat besar, mencapai 7 GB. Loadingnya juga cukup cepat, interfacenya simple dan mudah digunakan. Terintegrasi dengan IM Google: Google Talk. Yang paling saya sukai, filter spam-nya luar biasa.

Selain itu email Google dapat dibuka di berbagai email client dengan menggunakan POP ataupun IMAP. Dengan IMAP, email yang masuk hampir saat itu juga dapat anda lihat. Mungkin cepatnya menyaingi layanan email Blackberry…Tapi tentu, tidak ada kompresi email untuk layanan ini.

Blogger

blogger

Blogger adalah layanan blog dengan domain namablog.blogspot.com. Rasanya tidak ada blogger yang tidak tahu layanan ini. Bagi blogger pemula, layanan ini menyenangkan. Mudah digunakan, mudah dikostumasi. Sayangnya memang tidak terlalu mudah pengembangannya. Tidak bisa menambahkan plug-in yang bisa mengembangkan kemampuan blog itu lebih lanjut. Namun selalu ada cara untuk menambahkan fitur-fitur di blog anda dengan menggunakan aplikasi 3rd party bukan?

Blog dan Email Menggunakan Domain Sendiri

Yang paling menyenangkan dari layanan Google, kita dapat menggunakan domain sendiri saat menggunakannya. Misalnya anda punya domain domainsaya.com, maka anda bisa menggunakan blog di blogger dengan alamat domain tersebut.  Lalu saya membeli domain dan menggunakannya untuk blog tersebut.

Bagaimana dengan email? Anda juga dapat menggunakan email nama@domainsaya.com.

Google Talk

Google Talk

Google Talk mungkin tidak terlalu populer di Indonesia. Tapi saya menyukainya. Fiturnya sangat sederhana dan minimalis. Tapi kadang ‘simple is powerful’. Kita bisa menggunakan chat, conference, upload file dan voice mail (hanya jika menggunakan aplikasi Google talk), dan chat tersebut disimpan lognya dalam Gmail.

Sayangnya, karena tidak banyak yang menggunakannya, sehingga jarang juga saya gunakan.

Google Calendar

google calendar

Google calendar bisa dimanfaatkan untuk membuat agenda kegiatan. Semua kegiatan anda dapat anda buat di sini. Seperti menggunakan outlook dengan exchange server, kita bisa membuat kegiatan dan mengundang teman-teman saat membuat event. Sangat berguna jika anda memiliki domain sendiri dan mengelola perusahaan/komunitas kecil, atau domain untuk keluarga.

calendar

Google calendar akan memberikan peringatan pada anda, berupa pop-up atau email, atau bahkan SMS. Anda harus memverifikasi dulu no telpon anda sebelum Google mengirimkan SMS pengingat event tersebut.

mobile setup

Google calendar bahkan dapat di synchronize dengan Outlook. Cukup download aplikasinya, install, dan synchronize dengan Outlook!

Google Docs

google docs

Saya pikir Google Docs ini akan jadi andalan Google OS juga. Bagi anda yang sudah membaca-baca soal Google OS, yang notabene sebetulnya browser, kemungkinan memang OS itu hanya ditujukan untuk online. Aplikasi desktop yang termasuk di dalamnya mungkin hanya aplikasi Google. Sementara penggunanya bisa menggunakan aplikasi web dari Google.

Dengan Google docs, kita bisa membuat word document, presentation, spreadsheet atau form. Bisa dihitung-hitung sebagai versi gratisan dari Microsoft Office. Hasilnya bisa didownload, atau kita bisa mengupload hasil kerja kita untuk dishare dengan teman-teman dan keluarga.

Picasa Web

picasa

Picasa adalah image hosting dari Google. Kapasitasnya cukup besar, 1GB untuk satu account Google. Anda mungkin bahkan sudah menggunakannya, tapi tidak menyadarinya. Jika anda menggunakan Blogger, image yang anda simpan disimpan di Picasa. Bagi anda yang ingin ngirit space di blog yang selfhosted, bisa upload image di sini dan diembed di blog anda.

YouTube

youtube

YouTube adalah layanan video yang diakuisisi oleh Google. Meski sebelumnya Google memiliki Google Video, sepertinya Google memutuskan untuk mengalihkan layanan tersebut ke YouTube. Kita dapat mengupload video, dan juga mengembednya ke situs/blog kita.

Google Reader

google reader

Anda sudah mencoba menggunakan RSS reader? Google Reader bisa dimanfaatkan jika anda enggan menginstall aplikasi tambahan. Dengan membuka satu situs saja, anda bisa membaca berita-berita terbaru dari berbagai situs/blog yang anda ikuti!

Dikutip dari berbagai sumber komunitas blogger

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: