Kesalahan Umum Dalam Membuat Website


web designMembuat website supaya tampak menarik adalah idaman para web disainer namun tanpa disadari hal ini juga dapat membuat kita melakukan kesalahan. Berikut ini adalah 5 (lima) kesalahan yang umum terjadi pada pembuatan atau disain website.

Flash

Penggunaan Flash dapat membuat website anda menjadi tampak indah, namun apakah anda sudah mempertimbangkankan mengenai kecepatan koneksi dari pengunjung anda untuk download flash tersebut agar dapat tampil sebagaimana mestinya? Untuk apa anda membuat website yang indah bila tidak ada pengunjung yang bersedia menunggu (download) untuk menikmatinya?

Saya pernah membaca suatu artikel yang menyebutkan bahwa jarang ada pengunjung yang bersedia menunggu lebih dari 10 detik untuk melihat tampilan sebuah website, termasuk saya sendiri.

Berikut beberapa catatan pro dan kontra mengenai penggunaan Flash dalam membuat sebuah website.

Pro:

  • Tampilan atau disain website dapat menjadi lebih unik dan menarik.
  • Sangat ideal untuk pembuatan sebuah presentasi tutorial atau demo.

Kontra:

  • Membutuhkan waktu loading sesuai dengan besar file flash tersebut.
  • Search engine robots tidak dapat melakukan proses indexing dengan baik terhadap website yang dibuat menggunakan Flash.
  • Browser harus download plugin untuk dapat menjalankan file Flash tersebut.

Solusi untuk hal ini adalah dengan membuat 2 (dua) versi dimana pada halaman awal website yang dibuat pengunjung bebas memilih apakah hendak melihat yang versi Flash atau versi tanpa Flash.

Atraksi Script

Penggunaan fungsi-fungsi dari script, misalnya javascript, juga dapat membuat website anda menjadi unik dan menarik. Kesalahan yang paling umum terjadi adalah pemakaian script secara berlebihan dalam membuat sebuah website. Hal ini biasanya banyak terjadi pada para webmaster pemula yang sedang bangga mempelajari Javascript atau DHTML.

Saya pernah melihat sebuah website yang dibuat dengan disain kursor yang berubah menjadi jam analog dan hampir semua judul tulisannya dibuat dinamis atau bergerak (scrolling), dimana sebagian judul bergerak dari kanan ke kiri, sebagian lagi dari kiri ke kanan. Belum sempat membaca isi website tersebut pun kepala saya sudah pusing dan mata terasa berkunang-kunang.

Gunakanlah script secara bijak dalam membuat sebuah website. Sebagai contoh, untuk scrolling text gunakan hanya pada bagian yang memang diutamakan menarik minat dari pengunjung untuk mengetahui lebih lanjut atau bahkan membeli produk atau jasa yang ditawarkan di website anda tersebut.

Image

Seperti halnya penggunaan Flash, penggunaan terlalu banyak image dalam membuat website dapat menyulitkan pengunjung untuk melihat isi website anda.

Beberapa tips untuk penggunaan image dalam membuat website:

  • Jangan menggunakan terlalu banyak image.
  • Untuk GIF image, lakukan kompresi jumlah warna.
  • Bila memungkinkan, ubah JPG image menjadi GIF image.
  • Bila memungkinkan, tampilkan thumbnail link untuk image yang berukuran besar.
  • Atau potong image menjadi bagian-bagian berukuran lebih kecil.

Panjang Halaman

Anda mungkin pernah menemukan dan kesal dengan website yang memiliki halaman yang panjang sekali sehingga anda harus scroll layar berulang kali untuk membacanya hingga selesai.

Cobalah untuk disain artikel atau isi website anda agar tidak terlalu panjang. Bila berupa artikel yang terlalu panjang, bagilah artikel tersebut menjadi dua atau beberapa bagian.

Kompatibilitas

Saat ini kita dapat dengan mudah menemukan script gratis untuk membuat halaman dinamik seperti menu dan lain sebagainya. Sebelum menggunakannya untuk membuat website, pastikan bahwa script ini dapat berjalan dengan baik pada mayoritas browser yang digunakan oleh calon pengunjung potensial website anda. Jangan sampai website anda terlihat bagus oleh anda namun ternyata tampilannya menjadi berantakan di browser berbeda yang digunakan pengunjung website anda.

Menurut pengamatan saya, untuk Indonesia maka mayoritas pengguna internet menggunakan Internet Explorer 5.0 ke atas dan Mozilla FireFox 1.0 ke atas.

Penutup

Membuat website menjadi tampak menarik bagi pengunjung adalah ide yang bagus, namun jangan lupa bahwa tujuan utama kita membuat website adalah menarik pengunjung dan membuat pengunjung merasa mudah dan nyaman untuk membaca bahkan membeli produk atau jasa yang kita tawarkan.

Sumber: pojokweb

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: