Blog Semakin Berpengaruh Terhadap Proses Pembelian Konsumen


blogPara pemasar pasti sudah paham bahwa teman dan keluarga adalah pengaruh terbesar seorang konsumen membeli barang. Sudah biasa jika sebelum membeli barang seseorang bertanya kepada teman atau keluarganya. Faktor berpengaruh berikutnya adalah iklan dengan berbagai taktik dan strategi, dengan berbagai medium baik teve, cetak, radio maupun Internet. Selama ini, itulah yang terjadi. Namun, sejak dua tahun lalu ada perubahan fundamental. Blog muncul dalam deretan faktor yang mempengaruhi konsumen membeli barang.

Tidak tanggung-tanggung, survei yang dilakukan Forrester Reseach tahun lalu menempatkan blog sebagai faktor kedua terpenting sebagai sumber informasi sebelum membeli produk, mengalahkan faktor lain seperti iklan cetak, teve, dan radio. Blog hanya kalah oleh rekomendasi dari teman atau keluarga!

Begitu menariknya peran blog dalam mempengaruhi konsumen membeli barang itulah yang kemudian mendorong banyak perusahaan untuk meriset lebih dalam perilaku konsumen pembaca blog. Buzzlogic pun kemudian mensponsori JupiterReaseach untukmendapat gambaran yang lebih detil. Hasilnya lebih mengejutkan lagi: pengaruh blog bahkan lebih dominan ketimbang social media yang saat ini lebih marak.

Ini beberapa point pentingnya:

Bagaimana Pengaruh Blog Terhadap Buying Behavior

– 50% pembaca blog mengatakan bahwa blog sebagai tempat yang tepat untuk mendapatkan informasi produk

– Pengunjung rutin blog lebih mempercayai blog sebagai sumber untuk pengambilan keputusan membeli ketimbang content di social media (seperti facebook, myspace, friendster, dan lainnya)

– Semakin fokus sebuah blog, semakin besar perannya dalam mempengaruhi pembelian. 56% responden mengatakan bahwa blog yang fokus merupakan sumber penting informasi produk.

– Pengaruh blog bukan hanya untuk produk teknologi saja. Informasi di blog juga penting untuk keputusan pembelian yang berkaitan dengan entertainment (15%), games/toy/sporting goods (14%), travel (12%), otomotif (11%),  kesehatan (10%) dan lain-lain (30%).

Di Bagian Mana Blog Berpengaruh Dalam Proses Pembelian?

– Menentukan produk/jasa yang akan dibeli (21%)

– Menyaring berbagai pilihan (19%)

– Mendapatkan support dan jawaban (19%)

– Mencari produk/jasa (17%)

– Jaminan (14%)

– Menginspirasi pembelian (13%)

– Mengeksekusi pembelian (7%)

Memang survei itu dilakukan di Amerika Serikat, dan di sini belum ada survei serupa. Kita tidak bisa gegabah menelan mentah-mentah hasil survei tersebut. Namun, mempelajari respon dari  beberapa blog di Indonesia, termasuk blog ini, terasa betul pengaruh blog terhadap pembelian konsumen di Indonesia.

Itu sebabnya, saya menyarankan banyak pihak, termasuk juga klien-klien kami, untuk memanfaatkan blog sebagai medium beriklan. Beberapa merek di Indonesia, seperti Toyota Astra Motor, XL, HP Indonesia, Ponds dan lain-lain sudah memanfaatkan blog dengan berbagai taktik untuk beriklan.

Jika anda, para pemilik dan pengelola merek, belum memanfaatkan blog sebagai medium beriklan, cobalah untuk memanfaatkannya sekarang. Tentu jangan lupa, blog itu medium. Yang jauh lebih penting adalah bagaimana strategi beriklan di blog.

Sumber: virtual.co.id

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: