Life Style Perbaiki Tekanan Darah


Tekanan darah tinggi atau hipertensi menjadi faktor risiko utama untuk sejumlah penyakit kronis. Sebut saja, stroke, serangan jantung hingga gagal jantung dan penyakit ginjal.

Seseorang disebut menderita hipertensi bila mempunyai tekanan darah sistolik (nilai atas) 140 mm Hg atau lebih dan tekanan darah diastoliknya (nilai bawah), 90 mm Hg atau lebih. Banyak orang yang tidak menyadari bahwa tekanan darahnya meningkat, karena keadaan ini pada saat dini, sering tidak diikuti dengan gejala atau keluhan.

Bila Anda mempunyai berat badan berlebih, kurang gerak, peminum alkohol berat atau menyukai makanan yang asin-asin, maka Anda berisiko untuk menderita Hipertensi ini. Apalagi ada yang menderita hipertensi dalam keluarga.

Tapi bila Anda mengkonsumsi makanan yang tepat, selain akan menjaga tekanan darah Anda tetap normal, juga dapat menurunkan tekanan darah Anda bagi Anda menderita hipertensi. Panduan diet yang dikeluarkan oleh DASH, The Dietary Approaches to Stop Hypertension, akan membantu Anda melakukan diet yang tepat.

  1. Diet rendah lemak jenuh, kolesterol dan lemak keseluruhan, perbanyak konsumsi sayur, buah dan untuk susu, pilihlah susu yang rendah lemak.
  2. Mengurangi konsumsi garam hingga tidak lebih dari 1.500 mg natrium tiap harinya.
  3. Mengkonsumsi makanan yang tinggi serat, kalsium, magnesium dan Kalium.
  4. Bila berat badan berlebih, turunkan berat badan. Berat badan yang berkurang 5 – 10% dari berat badan tubuh, dapat menurunkan tekanan darah.
  5. Olahraga selama 30 – 45 menit, minimal tiga kali seminggu.

Perubahan pola hidup akan membantu Anda menurunkan tekanan darah yang tinggi. Tapi ingat, obat hipertensi dari dokter jangan langsung Anda hentikan. Konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter Anda.

Sumber: info-sehat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: