JavaFX TV


javafxSun Microsystems kembali menelurkan besutan anyarnya, lebih tepatnya software update terbaru untuk Java dan JavaFX, serta menampilkan JavaFX TV. Platform JavaFX memberikan model pengembangan dan penggunaan yang terpadu untuk pengembangan Rich Internet Application yang kaya dan ekspresif pada browser, desktop, piranti mobile dan TV.

Peluncuran JavaFX 1.2 ini pun dilengkapi dengan penampilan JavaFX TV pertama di depan publik, yang melengkapi visi aplikasi JavaFX. Sun juga menampilkan JavaFX Authoring Tool, sehingga memungkinkan perancang dan pengembang Web untuk menciptakan aplikasi JavaFX secara visual.

Konsep JavaFX TV tersebut didemontrasikan pada Konefrensi JavaOne yang berlangsung di Moscone Center di San Francisco, 2-5 Juni 2009 lalu. Sun mendemonstrasikan bukti konsep JavaFX TV pada TV Elektronik LG. JavaFX TV memperbesar visi platform JavaFX, menghadirkan konten interaktif yang ekspresif dan kaya untuk televisi dan set-top box. JavaFX TV dibuat dari keluarga teknologi Java yang sama seperti Blu-ray Disc standard BD-J, tru2way, dan standard TV global lainnya.

Dengan lebih dari 6.5 juta pengembang software di seluruh dunia, Java adalah salah satu platform software yang paling populer di dunia. Ditambah pula dengan kehadiran 800 juta komputer desktop dan lebih dari 7 miliar peralatan yang terkoneksi dengan internet.

Hasil studi industri di seluruh dunia menunjukkan teknologi Java sudah ada di lebih dari 90 persen desktop dan laptop, 85 persen piranti mobile dan merupakan teknologi terdepan pada televisi generasi mendatang, Blue-ray dan TV set-top box. JavaFX ini dipercaya dapat meningkatkan kapabilitas platform Java dengan memberikan audio dan video high-fidelity, rich text, grafik vector, animasi dan layanan Web melalui scripting language yang sederhana namun luar biasa.

Sumber: infokomputer

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: