Bagaimana Standar Kampus IT Ideal


Posting ini hanya sekedar sharing mengenai standar kampus IT yang kurang lebih bisa dikatakan “IDEAL” sehingga diharapkan peran mahasiswa akan lebih optimal dalam menjajaki masa perkuliahan serta kegiatan-kegiatan diluar kampus yang dengan itu mereka punya Added Value setelah lulus dan punya kesiapan menghadapi dunia kerja di dunia IT tentunya. Apalagi sekarang untuk biaya kuliah di jurusan IT relatif sudah mahal.

1. Dosen (Fasilitator)
Profesional dibidangnya khususnya kompetensi dalam dunia IT, bisa dikatakan praktisi yang sudah berpengalaman sehingga knowledge base mahasiswa lebih kaya akan wawasan IT secara praktis . Penting diingat juga bahwa praktis saja tidak cukup jika para mahasiswa tidak dibekali knowledge analysis skill pada bidang keahlian yang sedang dipelajari sehingga akan berdampak pada pola pikir yang kekanak-kanakan tidak memahami urgensi dari masalah yang sedang dihadapi.
Disinilah peranan dosen untuk membimbing mahasiswa secara konstruktif ke akar dari kasus studi dengan nyata. Tidak asal kasi tugas atau pola perkuliahan yang hanya memberikan latihan dikelas/LAB tanpa ada kejelasan objective tujuan latihan ataupun tugas yang diberikan oleh dosen tersebut.

2. Komputer
Pentium 4, gigabyte yang besar, memori minimum 2 GB, mendukung multimedia. Kurang lebih standarnya yang seperti itu sudah mencukupi untuk LAB yg ada dikampus.

3. Laboratorium
Harus lengkap jika perlu dipisahkan antara LAB Networking, LAB Programming, LAB LINUX, dan LAB MULTIMEDIA.

4. Perpustakaan
Menurut saya ini wajib ada, untuk merangsang daya kreatifitas dan memperdalam keilmuan lewat jendela buku yang sangat lengkap dan update. Sehingga para mahasiswa dapat mempraktekan studi kasus yang ada literatur buku perpustakaan selain lewat media internet.

5. Kurikulum
Kurikulum yang dirancang harus didasarkan pada match dengan dunia industri. Tentunya dengan tanpa perhitungan yang sangat matang, tidak semua bidang di industri diajarkan pada sistem perkuliahan. Jadi tergantung dari infrastruktur ataupun sarana dikampus tersebut.
Contoh..Kurikulum mata kuliah tidak mengajarkan banyak bahasa pemrograman dengan paradigma yang sama. Dengan mengajari mahasiswa mempelajari banyak bahasa pemrograman, maka management kampus mendidik mereka untuk tidak menguasai satupun bahasa pemrograman. Sehingga pilihlah salah satu pemrograman yang prosedural (C/VB) dan berorientasi objek (Java/.NET) atau pemrograman web (PHP/JSP).

6. Inovasi Research
Harus ada kegiatan kreatifitas mahasiswa dengan memberikan penelitian atau project untuk setiap mahasiswa pada setiap semester dan didemokan serta dilombakan dikampus dengan tema/topik tertentu. Bukan hanya memanfaatkan mahasiswa untuk kepentingan kampus sesaat saja, ini namanya tidak mendidik.

7. Ruangan
Idealnya ruangan tidak sempit untuk kegiatan perkuliahan. Dan tentunya harus ber-AC doonk.

8. Sistem IT Pendukung
Ada daftar nilai dan sistem pembayaran kuliah yang bisa kita akses lewat internet dan ATM, e-learning, distance learning, dll..

Semoga bermanfaat…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: