Satu Juta Kesempatan Kedua


Meskipun kita tidak dapat kembali dan melakukan lagi dengan lebih baik -sebuah awal yang salah di masa lalu, kita dapat memulai lagi untuk mencapai sebuah akhir yang lebih baik di masa depan.

Kesempatan kedua tidak datang hanya satu kali. Sebetulnya ada satu juta kesempatan kedua yang tersedia bagi kita, tetapi sebagian besar dari kita tidak hidup cukup berani dan sibuk untuk menghabiskan semua kesempatan kedua itu.

Bila Anda berkecil hati karena kegagalan pada upaya pertama Anda, mohon Anda temukan pribadi yang hidupnya dibangun dari keberhasilan pada upaya-upaya pertamanya.

Keberhasilan tersenyum penuh kasih kepada kita yang menganggap semua kesempatan setelah upaya kedua -sebagai kesempatan kedua; karena sebetulnya ada satu juta kesempatan kedua.

Kesulitan, memperkenalkan kita kepada diri kita yang sebenarnya.

Kesulitan adalah cermin yang mampu menampilkan jiwa Anda lebih jelas daripada gambar wajah dan pakaian Anda.

Ia, kesulitan itu -melontarkan kematangan pengolahan perasaan Anda ke dinding-dinding pengertian Anda; agar Anda melihat jarak antara jiwa Anda sekarang dengan jiwa fitrah Anda yang kokoh, yang mulia, dan yang penyayang.

Ia, kesulitan itu juga menuntut Anda untuk menggunakan semua kemampuan yang ada pada serat serat kecerdasan dan bakat-bakat Anda, sebagai syarat agar ia menyerah kepada Anda, dan menjadikan Anda pembukti, bahwa Anda selalu lebih besar dari masalah dan kesulitan Anda.

Dan ia, kesulitan itu mensyaratkan bahwa ia akan melunak dan menyerah -hanya bila Anda mengubah diri Anda -menjadi lebih kuat dan menginginkan kemenangan.

Kita demikian terpaku kepada yang tidak sesuai dengan yangkita inginkan, sehingga kita kehilangan pandangan dari yang sesuai dengan yang kita inginkan.

Bagi yang belum terlatih-kesulitan tampil lebih menonjol dan menarik untuk diperhatikan, dan dijadikan penghalang ketenangan dan nyenyaknya tidur. Padahal, kesulitan adalah pengalih perhatian kita dari kemudahan yang sebetulnya selalu berada di balik kesulitan.

Tetapi, bahkan mereka yang telah berpengalaman pun, masih terkadang menemukan diri mereka melabuhkan kesulitan itu di hati mereka, mengaburkan pandangan mata mereka dengan air mata, dan menghalangi pengertian baik dengan kebisingan keluhan mereka.

Kesulitan mengubah dirinya menjadi hadiah yang terbaik bagi Anda yang mengupayakan yang terbaik dari yang bisa Anda lakukan dalam keadaan sulit.

Pastikanlah bahwa dalam kesempatan kedua Anda – Anda melakukannya dengan kekuatan penuh.

Bila Anda melakukan sesuatu dengan pengerahan penuh dari kecerdasan, pengetahuan, kesungguhan, harapan, dan kemampuan Anda untuk berserah -Anda memang masih bisa membuat kesalahan.

Tetapi, bila Anda melakukannya dengan kekuatan setengah-setengah, kesempatan Anda untuk membuat kesalahan -justru akan menjadi lebih besar.

Dan, bila Anda berhasil melakukannya dengan setengah-setengah Anda tetap akan disalahkan, karena tidak mencapai hasil lebih baik yang sebetulnya menjadi hak bagi Anda bila Anda berupaya dengan kekuatan penuh.

Bila Anda berencana untuk menjadi pribadi yang kurang dari yang mungkin Anda capai, Anda tidak akan pernah berdamai dengan diri Anda sendiri -seumur hidup.

Satu-satunya jalan keluar dari rasa takut -adalah melangkah melalui jantung rasa takut itu.

Ukuran kehidupan yang tersedia bagi seseorang -berkembang dan mengempis sesuai dengan keberaniannya menghadapi rasa takut.

Keberadaan kemanusiaan sampai saat ini adalah bukti bahwa tidak ada kesulitan yang dihamparkan oleh alam ini yang bisa mengalahkan kekuatan asli kita untuk bertahan dan memenangkan kehidupan yang baik. Dan itu berarti bahwa bagi semua kesulitan -telah dan akan ditemukan penyelesaiannya.

Tetapi, penyelesaian apa pun tidak akan ada gunanya, walau pun sebetulnya telah ditemukan dan diajarkan kepada Anda; bila yang Anda hadapi bukanlah kesulitan, tetapi rasa takut. Dengannya, kesulitan itu tidak akan pernah susut.

Maka, rasakanlah ketakutan itu. Rasakanlah bagaimana darah Anda tertegun ragu di persimpangan -antara tugas mengisi urat-urat keberanian Anda, atau mengisi bantal-bantal ketakutan Anda. Rasakanlah ketakutan itu, lalu kenalilah degup jantungnya yang diupayakannya untuk seirama dengan degup jantung Anda. Temukanlah jantung dari ketakutan Anda, lalu pisahkan ia dari jantung Anda. Dan Anda akan segera merasakan bahwa detak keras jantung Anda sebetulnya bukan teriakan ketakutan, tetapi gema dari tuntutan hak Anda untuk menang.

Anda memiliki satu juta kesempatan kedua. Gunakanlah dengan berani. Dan capailah kemenangan yang telah menjadi hak asli Anda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: